Sabtu, 04 Mei 2013

MTK

Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan Bulat
KOMPETENSI DASAR
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
A. Mengenal Bilangan Bulat
1. Pengertian bilangan bulat
Bilangan berapa yang termasuk bilangan bulat? Bilangan bulat terdiri atas tiga
jenis, yaitu
a. Bilangan bulat positif (bilangan asli)
Contoh:
2 dibaca positif dua atau cukup dibaca dua
12 dibaca positif dua belas atau cukup dibaca dua belas
1.000 dibaca positif seribu atau cukup dibaca seribu
b. Bilangan bulat nol
Bilangan bulat nol ditulis 0 (dibaca nol).
c. Bilangan bulat negatif (lawan bilangan asli)
Contoh:
–5 dibaca negatif lima
–12 dibaca negatif dua belas
–100 dibaca negatif seratus
Perhatikan angka pada termometer berikut. Pada termometer di samping tampak ketiga jenis bilangan bulat. Semakin kecil bilangan, udara semakin dingin. Semakin besar bilangan, suhu udara semakin panas.

Perhatikan pula Video berikut....

Latihan 1
A. Bacalah lambang bilangan bulat berikut.
1. –2 dibaca ....  6. 2 dibaca ....
2. –10 dibaca ....  7. 23 dibaca ...
3. –41 dibaca ....  8. 89 dibaca ....
4. –120 dibaca ....  9. 120 dibaca ....
5. 0 dibaca ....  10. 256 dibaca ...
2. Membandingkan bilangan bulat
Seperti pada bilangan cacah, bilangan bulat dapat digambar pada garis bilangan.
Perhatikan garis bilangan bulat berikut.

Pada garis bilangan bulat berlaku:
a. sebelah kanan nol (0) adalah bilangan bulat positif, dan
b. sebelah kiri nol (0) adalah bilangan bulat negatif.
Dari garis bilangan di atas tampak bahwa:
–5 kurang dari 0
–4 kurang dari –2
–3 lebih dari –4
0 lebih dari –1
4 lebih dari –5
Latihan 2
Bandingkan bilangan bulat berikut dengan menggunakan lambang ”<, =, atau >”.
1. –6 ... –3  6. 26 ... –25
2. –2 ... –7  7. 35 ... 54
3. –12 ... –8  8. 120 ... –300
4. –20 ... –20  9. 150 ... –250
5. –1 ... 1  10. –6 ... –3
3. Mengurutkan bilangan bulat
Perhatikan kembali garis bilangan bulat berikut.

Dari garis bilangan di atas kita memperoleh urutan bilangan bulat.
a. Urutan bilangan bulat dimulai dari yang terkecil.
– 5, – 4, –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
b. Urutan bilangan bulat dimulai dari bilangan terbesar.
5, 4, 3, 2, 1, 0, –1, –2, –3, –4, –5
Contoh:
Urutkan bilangan berikut.
3, – 4, 5, – 8, – 1, 0
Jawab:
Urutan dari yang terkecil: – 8, – 4,– 1, 0, 3, 5.
Urutan dari yang terbesar: 5, 3, 0, – 1,– 4, – 8.
Latihan 3
Urutkan bilangan-bilangan berikut dariyang terkecil ke yang terbesar.
1. –7, –5, –2, –4, –1
2. –9, –11, –16, –12, –8
3. –21, –18, –17, –12, –15
4. –30, –40, 10, –60, 50, –20
5. –4, 3, –2, 0, 1, –1
6. –10, 8, –5, –6, 4, 7
7. –23, 12, –21, –10, 10, 11
8. 21, 54, – 30, 18, –32, –50, 44
9. 23, –23, 25, 43, – 43, –25, 60
10. 100, –120, –125, 149, –162, 99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar