Sabtu, 04 Mei 2013

Sumpah Pemuda

Kelas III, Semester 1
STÁNDAR KOMPETENSI 
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Makna Sumpah Pemuda
Selamat, kamu telah naik ke Kelas III. Salah satu materi Pendidikan Kewarganegaraan yang akan  kamu pelajari di Kelas III adalah Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dapat dijadikan pedoman dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Sebagai siswa, apa yang akan kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda? Pertanyaan tersebut akan kamu temukan jawabannya dalam pembahasan Bab 1 ini.
A. Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
Negara Indonesia disebut juga dengan istilah Nusantara. Nusantara berasal dari kata "nusa" dan "antara". "Nusa" berarti pulau atau kepulauan, sedangkan "antara" artinyadi antara. Nusantara diartikan sebagai satu kesatuan wilayah kepulauan di antara pulau-pulau. Wilayah negara Indonesia terdiri atas daratan dan lautan. Indonesia adalah negara kepulauan. Indonesia memiliki lima pulau besar, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Selain itu, masih banyak pulau kecil lainnya. Pulau-pulau tersebut ditempati oleh kurang lebih 220 juta penduduk. Negara Indonesia ter-kenal dengan keragamannya. Misal nya, suku bangsa, budaya, agama, bahasa daerah, dan adat istiadat.


Sumber: Atlas Indonesia dan Dunia, 2002
Sebagian besar pulau di Indonesia ditempati oleh masyarakat asli daerah tersebut. Namun, ada juga warga pendatang dengan bermacam budayanya. Ada Suku Batak, Suku Jawa, Suku Betawi, Suku Sunda, Suku Badui, Suku Bali, Suku Bugis, Suku Dayak, Suku Ambon, Suku Papua, dan masih banyak lagi. Keragaman suku bangsa tidak menjadikan bangsa Indonesia ter-pecah belah. Keragaman dapat mening kat kan rasa ke satuan, kebangsaan dan cinta tanah air. Selain itu, juga dapat memperkuat tekad untuk mencapai cita-cita bangsa. 

Setiap suku bangsa menggunakan bahasa daerah yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Suku Jawa menggunakan bahasa Jawa, Suku Batak menggunakan bahasa Batak, dan Suku Sunda menggunakan bahasa Sunda. Namun, jika mengadakan hubungan dengan suku yang lain, biasanya mereka menggunakan bahasa Indonesia. Sebagai bahasa per satuan, bahasa Indonesia dijunjung tinggi oleh semua suku bangsa. Bahasa Indonesia telah disepakati sebagai bahasa per satuan dalam pergaulan antarsuku bangsa. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pengantar di kantor peme rin-tahan dan di lembaga pendidikan, termasuk juga di sekolah dasar. Satu nusa memiliki makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia. Satu bangsa memiliki makna walaupun kita berasal dari suku yang berbeda, tetapi kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Adapun satu bahasa memiliki makna untuk mewujudkan persatuan bangsa. Kita harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antarsuku bangsa. Negara Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda dan Jepang. Penyebab negara Indonesia dijajah karena tidak adanya persatuan. Penjajah menyukai bangsa yang terpecah belah. Rakyat Indonesia banyak yang meninggal karena ke-kejaman penjajah. Penjajah membatasi semua kegiatan rakyat Indonesia. 
B. Sumpah Pemuda
Pada 1908, rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Para pemuda di berbagai wilayah di Indonesia mulai mem bentuk per kum pulan untuk menen-tang pen jajah. Perkumpulan pemuda tersebut membawa nama daerah asalnya.

Beberapa perkumpulan pemuda atau sering disebut organisasi pemuda yang ada di daerah 
Nusantara, di antaranya sebagai berikut.
1. Jong Batak, yaitu (Perkumpulan para pemuda Batak).
2. Jong Java, yaitu (Perkumpulan para pemuda Jawa).
3. Jong Sumatranen Bond, yaitu (Perkumpulan para pemuda Sumatra).
4. Jong Ambon, yaitu (Perkumpulan para pe-muda Ambon).
5. Jong Islamaten Bond, yaitu  (Perkumpulan para Pemuda Islam).
6. Jong Minahasa, yaitu (Perkumpulan para pemuda Minahasa).
7. Jong Celebes, yaitu (Perkumpulan para pe-muda Sulawesi).
Organisasi pemuda yang telah terbentuk masih bersifat kedaerahan. Mereka berjuang untuk daerah asalnya saja sehingga sulit sekali menciptakan rasa persatuan. Hal tersebut di-sebabkan masih kuatnya sifat kedaerahan yang mereka miliki. Para pemuda ingin sekali berjuang untuk memerdekakan negerinya, walaupun sifat ke-daerahan masih kuat pada diri mereka. Hal ini terlihat dengan disepakatinya pertemuan para pemuda. Para pemuda yang tergabung dalam Jong Islamienten Bond.

Pada 30 April–2 Mei 1926, para pemuda yang ingin mewujudkan persatuan nasional, mengadakan Kongres Pemuda I di Jakarta. Tujuan kongres ini adalah menanamkan se-mangat kerja sama antarperkumpulan pemuda di Indonesia. Kongres Pemuda I menjadi dasar bagi Persatuan Indonesia. Namun, Kongres Pemuda I belum berhasil mempersatukan ke-giatan pemuda dalam satu wadah. Kongres Pemuda I menghasilkan gagasan persatuan dalam perjuangan untuk Indonesia merdeka.

Pada 28 Oktober 1928 dilaksanakan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres Pemuda II berhasil merumuskan suatu ikrar. Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda. Isi Sumpah Pemuda, di antaranya sebagai berikut. Para peserta Kongres Pemuda I di Jakarta.
Sumpah Pemuda
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe
Bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe
Berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia
Mendjoendjoeng bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda merupakan pencerminan tekad dan ikrar para pemuda dan pelajar saat itu. Mereka bersatu tanpa memandang perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Pada waktu itu, semangat persatuan sangat menonjol. Mereka memiliki tekad lebih baik mati ter-hormat daripada terjajah. Tidak ada jalan lain dalam usaha merebut kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Tekad para pemuda begitu kuat. Mereka bersatu dengan mengucapkan ikrar setia pada negara. Ikrar tersebut dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. 


C. Pengamalan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda 
.
Bagaimana mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari? Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meng-amalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Misalnya, kamu bangga menjadi anak Indonesia. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya sebagai berikut.
1. Giat Belajar untuk Meraih Cita-cita

 Sejak kecil, kamu harus giat dan tekun belajar. Setelah dewasa, kamu akan meraih cita-citamu sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam hidup. Kehidupan apapun yang kamu jalani harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya kesuksesan hidup yang dapat diraih, seperti pekerjaan yang baik. Namun, kebanggaan dari diri sendiri dan orangtua. Dengan demikian, kamu telah ikut serta mem-bangun bangsa dan negara. Selain itu, kamu juga dapat menjadi penerus bangsa yang mampu meng hargai perjuangan pahlawan.
2. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah 

Sebagai seorang siswa, kamu harus pandai bergaul agar memiliki banyak teman. Dengan bergaul, banyak ilmu dan pengetahuan yang akan didapatkan. Aktif mengikuti organisasi ekstrakurikuler sekolah merupakan salah satu  bentuk perwujudan semangat Sumpah Pemuda Misalnya, pada organisasi Pramuka (Praja Muda Karana), Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dan dokter kecil.
3. Menghargai Keragaman 
Suku, Adat, Budaya, dan Agama. Setiap anak Indonesia harus dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Dengan demikian, dapat tumbuh menjadi warga negara yang cerdas dan kreatif. Anak yang cerdas dan kreatif mampu meng -hargai keragaman budaya, suku bangsa, dan tidak menonjolkan sikap kedaerahan. Selain itu, ia selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomu nikasi dengan orang lain. Persatuan dan kesatuan dapat ter-capai jika setiap orang mampu menghargai keragaman suku bangsa, adat, budaya, dan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar