Sabtu, 04 Mei 2013

MTK

Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan Bulat
KOMPETENSI DASAR
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
A. Mengenal Bilangan Bulat
1. Pengertian bilangan bulat
Bilangan berapa yang termasuk bilangan bulat? Bilangan bulat terdiri atas tiga
jenis, yaitu
a. Bilangan bulat positif (bilangan asli)
Contoh:
2 dibaca positif dua atau cukup dibaca dua
12 dibaca positif dua belas atau cukup dibaca dua belas
1.000 dibaca positif seribu atau cukup dibaca seribu
b. Bilangan bulat nol
Bilangan bulat nol ditulis 0 (dibaca nol).
c. Bilangan bulat negatif (lawan bilangan asli)
Contoh:
–5 dibaca negatif lima
–12 dibaca negatif dua belas
–100 dibaca negatif seratus
Perhatikan angka pada termometer berikut. Pada termometer di samping tampak ketiga jenis bilangan bulat. Semakin kecil bilangan, udara semakin dingin. Semakin besar bilangan, suhu udara semakin panas.

Perhatikan pula Video berikut....

Latihan 1
A. Bacalah lambang bilangan bulat berikut.
1. –2 dibaca ....  6. 2 dibaca ....
2. –10 dibaca ....  7. 23 dibaca ...
3. –41 dibaca ....  8. 89 dibaca ....
4. –120 dibaca ....  9. 120 dibaca ....
5. 0 dibaca ....  10. 256 dibaca ...
2. Membandingkan bilangan bulat
Seperti pada bilangan cacah, bilangan bulat dapat digambar pada garis bilangan.
Perhatikan garis bilangan bulat berikut.

Pada garis bilangan bulat berlaku:
a. sebelah kanan nol (0) adalah bilangan bulat positif, dan
b. sebelah kiri nol (0) adalah bilangan bulat negatif.
Dari garis bilangan di atas tampak bahwa:
–5 kurang dari 0
–4 kurang dari –2
–3 lebih dari –4
0 lebih dari –1
4 lebih dari –5
Latihan 2
Bandingkan bilangan bulat berikut dengan menggunakan lambang ”<, =, atau >”.
1. –6 ... –3  6. 26 ... –25
2. –2 ... –7  7. 35 ... 54
3. –12 ... –8  8. 120 ... –300
4. –20 ... –20  9. 150 ... –250
5. –1 ... 1  10. –6 ... –3
3. Mengurutkan bilangan bulat
Perhatikan kembali garis bilangan bulat berikut.

Dari garis bilangan di atas kita memperoleh urutan bilangan bulat.
a. Urutan bilangan bulat dimulai dari yang terkecil.
– 5, – 4, –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
b. Urutan bilangan bulat dimulai dari bilangan terbesar.
5, 4, 3, 2, 1, 0, –1, –2, –3, –4, –5
Contoh:
Urutkan bilangan berikut.
3, – 4, 5, – 8, – 1, 0
Jawab:
Urutan dari yang terkecil: – 8, – 4,– 1, 0, 3, 5.
Urutan dari yang terbesar: 5, 3, 0, – 1,– 4, – 8.
Latihan 3
Urutkan bilangan-bilangan berikut dariyang terkecil ke yang terbesar.
1. –7, –5, –2, –4, –1
2. –9, –11, –16, –12, –8
3. –21, –18, –17, –12, –15
4. –30, –40, 10, –60, 50, –20
5. –4, 3, –2, 0, 1, –1
6. –10, 8, –5, –6, 4, 7
7. –23, 12, –21, –10, 10, 11
8. 21, 54, – 30, 18, –32, –50, 44
9. 23, –23, 25, 43, – 43, –25, 60
10. 100, –120, –125, 149, –162, 99

IPS


Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI 
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di IndonesiaKerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia
Tahukah kalian agama apa yang dianut oleh sebagian besar penduduk Pulau Bali? Sebagian besar penduduk Pulau Bali menganut agama Hindu. Masyarakat Bali memiliki banyak sekali upacara yang dilakukan secara turun-temurun. Upacara-upacara tradisi masyarakat Bali terkenal ke seluruh dunia. Tradisi-tradisi yang dijalankan tersebut merupakan warisan kebudaya-an Hindu di masa lalu. Warisan itu terus dikembangkan sampai dengan sekarang ini. Bagaimanakah agama Hindu masuk ke wilayah tanah air kita? Apa saja peninggalan-peninggalannya? Mari kita bahas lebih lanjut pertanyaan-pertanyaan ini.
Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam
Tidak diketahui secara pasti kapan agama Hindu masuk ke Indo-nesia. Agama Hindu dibawa oleh para pedagang dari India. Di antara pedagang tersebut ada yang mene-tap di Indonesia. Mereka menikah dengan penduduk Indonesia. Pengaruh agama dan kebudayaan India semakin kuat di Indonesia. Bukti-buktinya sebagai berikut.
1. Banyak penduduk yang me-meluk agama Hindu setelah para pendatang dari India mem-perkenalkan agama Hindu.
2. Masyarakat Indonesia dahulu tidak mengenal sistem kerajaan. Sistem pemerintahan yang ada pada waktu itu adalah pemerintahan desa yang dipimpin oleh kepala suku. Kedudukan sebagai kepala suku tidak di-wariskan secara turun-temurun. Karena pengaruh agama Hindu, sistem pemerintahan desa diganti kerajaan.
3. Adanya hasil kebudayaan khas India seperti bangunan candi, seni pa-hatan patung, seni relief, dan seni sastra. Dalam bidang sastra kebu-dayaan India memperkenalkan budaya baca tulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.
1. Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
Agama Hindu yang dibawa dari India berpengaruh di Indonesia. Salah satu bentuknya adalah munculnya kerajaan-kerajaan Hindu, seperti Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Kediri, Singasari, dan Majapahit.
a. Kerajaan Kutai

Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai didirikan sekitar tahun 400 masehi. Letaknya di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Raja pertamanya bernama Kudungga. Raja yang terkenal adalah Mulawarman. Mulawarman menyembah Dewa Syiwa. Dalam suatu upacara Raja Mulawarman menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada Brahmana. Untuk memperingati upacara itu maka didirikan sebuah Yupa. Dalam Yupa itu ditulis berita mengenai Kerajaan Kutai.
b. Kerajaan Tarumanegara

Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa. Keraja-an ini berdiri kira-kira pada abad ke-5 Masehi. Lokasi kerajaan itu sekitar Bogor, Jawa Barat. Rajanya yang terkenal adalah Purnawarman.Pur-nawarman memeluk agama Hindu yang menyembah Dewa Wisnu. Pada zaman Purnawarman, ke-rajaan Tarumanegara telah mampu membuat saluran air yang diambil dari sungai Citarum. Saluran air itu berfungsi untuk mengairi lahan pertanian dan menahan banjir.
c. Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri terletak di sekitar Kali Berantas, Jawa Timur. Kerajaan Kediri berjaya pada pemerintahan Raja Kameswarayang bergelar Sri Ma-haraja Sirikan Kameswara. Kameswara meninggal pada tahun 1130. Penggantinya adalah Jayabaya. Jayabaya adalah raja terbesar Kediri. Ia begitu terkenal karena ramalannya yang disebut Jangka Jayabaya. Raja Kediri yang terakhir adalah Kertajayayang meninggal tahun 1222. Pada tahun itu Kertajaya dikalahkan oleh Ken Arok di Desa Ganter, Malang. Gambar 1.3 Gugus Candi Panataran peninggalan Kerajaan Kediri.
Sumber: Indonesian Heritage 1, Sejarah Awal
Peninggalan-peninggalan Kerajaan Kediri antara lain Prasasti Panumbangan, Prasasti Palah, Kitab Smaradhahana karangan Empu Dharmaja, Kitab Hariwangsa karangan Empu Panuluh, Kitab Krinayana karangan Empu Triguna, dan Candi Panataran.
d. Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari terletak di Singasari, Jawa Timur. Luasnya me-liputi wilayah Malang sekarang. Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok. Beliau memerintah tahun 1222-1227 M. Para pengganti-nya adalah Anusapati(1227-1248), Panji Tohjaya (1248), Ranggawuni (1248-1268), Kertanegara (1268 -1292). Beberapa peninggalan masa ke-besaran Singasari antara lain:
1. Candi Jago/Jajaghu, sebagai makam Wisnuwardhana,
2. Candi Singasari dan Candi Jawi, sebagai makam Kertanegara,
3. Candi Kidal, sebagai makam Anusapati,
4. Patung Prajnaparamita, sebagai perwujudan Ken Dedes.

Sumpah Pemuda

Kelas III, Semester 1
STÁNDAR KOMPETENSI 
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Makna Sumpah Pemuda
Selamat, kamu telah naik ke Kelas III. Salah satu materi Pendidikan Kewarganegaraan yang akan  kamu pelajari di Kelas III adalah Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dapat dijadikan pedoman dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Sebagai siswa, apa yang akan kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda? Pertanyaan tersebut akan kamu temukan jawabannya dalam pembahasan Bab 1 ini.
A. Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
Negara Indonesia disebut juga dengan istilah Nusantara. Nusantara berasal dari kata "nusa" dan "antara". "Nusa" berarti pulau atau kepulauan, sedangkan "antara" artinyadi antara. Nusantara diartikan sebagai satu kesatuan wilayah kepulauan di antara pulau-pulau. Wilayah negara Indonesia terdiri atas daratan dan lautan. Indonesia adalah negara kepulauan. Indonesia memiliki lima pulau besar, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Selain itu, masih banyak pulau kecil lainnya. Pulau-pulau tersebut ditempati oleh kurang lebih 220 juta penduduk. Negara Indonesia ter-kenal dengan keragamannya. Misal nya, suku bangsa, budaya, agama, bahasa daerah, dan adat istiadat.


Sumber: Atlas Indonesia dan Dunia, 2002
Sebagian besar pulau di Indonesia ditempati oleh masyarakat asli daerah tersebut. Namun, ada juga warga pendatang dengan bermacam budayanya. Ada Suku Batak, Suku Jawa, Suku Betawi, Suku Sunda, Suku Badui, Suku Bali, Suku Bugis, Suku Dayak, Suku Ambon, Suku Papua, dan masih banyak lagi. Keragaman suku bangsa tidak menjadikan bangsa Indonesia ter-pecah belah. Keragaman dapat mening kat kan rasa ke satuan, kebangsaan dan cinta tanah air. Selain itu, juga dapat memperkuat tekad untuk mencapai cita-cita bangsa. 

Setiap suku bangsa menggunakan bahasa daerah yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Suku Jawa menggunakan bahasa Jawa, Suku Batak menggunakan bahasa Batak, dan Suku Sunda menggunakan bahasa Sunda. Namun, jika mengadakan hubungan dengan suku yang lain, biasanya mereka menggunakan bahasa Indonesia. Sebagai bahasa per satuan, bahasa Indonesia dijunjung tinggi oleh semua suku bangsa. Bahasa Indonesia telah disepakati sebagai bahasa per satuan dalam pergaulan antarsuku bangsa. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pengantar di kantor peme rin-tahan dan di lembaga pendidikan, termasuk juga di sekolah dasar. Satu nusa memiliki makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia. Satu bangsa memiliki makna walaupun kita berasal dari suku yang berbeda, tetapi kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Adapun satu bahasa memiliki makna untuk mewujudkan persatuan bangsa. Kita harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antarsuku bangsa. Negara Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda dan Jepang. Penyebab negara Indonesia dijajah karena tidak adanya persatuan. Penjajah menyukai bangsa yang terpecah belah. Rakyat Indonesia banyak yang meninggal karena ke-kejaman penjajah. Penjajah membatasi semua kegiatan rakyat Indonesia. 
B. Sumpah Pemuda
Pada 1908, rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Para pemuda di berbagai wilayah di Indonesia mulai mem bentuk per kum pulan untuk menen-tang pen jajah. Perkumpulan pemuda tersebut membawa nama daerah asalnya.

Beberapa perkumpulan pemuda atau sering disebut organisasi pemuda yang ada di daerah 
Nusantara, di antaranya sebagai berikut.
1. Jong Batak, yaitu (Perkumpulan para pemuda Batak).
2. Jong Java, yaitu (Perkumpulan para pemuda Jawa).
3. Jong Sumatranen Bond, yaitu (Perkumpulan para pemuda Sumatra).
4. Jong Ambon, yaitu (Perkumpulan para pe-muda Ambon).
5. Jong Islamaten Bond, yaitu  (Perkumpulan para Pemuda Islam).
6. Jong Minahasa, yaitu (Perkumpulan para pemuda Minahasa).
7. Jong Celebes, yaitu (Perkumpulan para pe-muda Sulawesi).
Organisasi pemuda yang telah terbentuk masih bersifat kedaerahan. Mereka berjuang untuk daerah asalnya saja sehingga sulit sekali menciptakan rasa persatuan. Hal tersebut di-sebabkan masih kuatnya sifat kedaerahan yang mereka miliki. Para pemuda ingin sekali berjuang untuk memerdekakan negerinya, walaupun sifat ke-daerahan masih kuat pada diri mereka. Hal ini terlihat dengan disepakatinya pertemuan para pemuda. Para pemuda yang tergabung dalam Jong Islamienten Bond.

Pada 30 April–2 Mei 1926, para pemuda yang ingin mewujudkan persatuan nasional, mengadakan Kongres Pemuda I di Jakarta. Tujuan kongres ini adalah menanamkan se-mangat kerja sama antarperkumpulan pemuda di Indonesia. Kongres Pemuda I menjadi dasar bagi Persatuan Indonesia. Namun, Kongres Pemuda I belum berhasil mempersatukan ke-giatan pemuda dalam satu wadah. Kongres Pemuda I menghasilkan gagasan persatuan dalam perjuangan untuk Indonesia merdeka.

Pada 28 Oktober 1928 dilaksanakan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres Pemuda II berhasil merumuskan suatu ikrar. Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda. Isi Sumpah Pemuda, di antaranya sebagai berikut. Para peserta Kongres Pemuda I di Jakarta.
Sumpah Pemuda
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe
Bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe
Berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia
Mendjoendjoeng bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda merupakan pencerminan tekad dan ikrar para pemuda dan pelajar saat itu. Mereka bersatu tanpa memandang perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Pada waktu itu, semangat persatuan sangat menonjol. Mereka memiliki tekad lebih baik mati ter-hormat daripada terjajah. Tidak ada jalan lain dalam usaha merebut kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Tekad para pemuda begitu kuat. Mereka bersatu dengan mengucapkan ikrar setia pada negara. Ikrar tersebut dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. 


C. Pengamalan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda 
.
Bagaimana mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari? Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meng-amalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Misalnya, kamu bangga menjadi anak Indonesia. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya sebagai berikut.
1. Giat Belajar untuk Meraih Cita-cita

 Sejak kecil, kamu harus giat dan tekun belajar. Setelah dewasa, kamu akan meraih cita-citamu sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam hidup. Kehidupan apapun yang kamu jalani harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya kesuksesan hidup yang dapat diraih, seperti pekerjaan yang baik. Namun, kebanggaan dari diri sendiri dan orangtua. Dengan demikian, kamu telah ikut serta mem-bangun bangsa dan negara. Selain itu, kamu juga dapat menjadi penerus bangsa yang mampu meng hargai perjuangan pahlawan.
2. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah 

Sebagai seorang siswa, kamu harus pandai bergaul agar memiliki banyak teman. Dengan bergaul, banyak ilmu dan pengetahuan yang akan didapatkan. Aktif mengikuti organisasi ekstrakurikuler sekolah merupakan salah satu  bentuk perwujudan semangat Sumpah Pemuda Misalnya, pada organisasi Pramuka (Praja Muda Karana), Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dan dokter kecil.
3. Menghargai Keragaman 
Suku, Adat, Budaya, dan Agama. Setiap anak Indonesia harus dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Dengan demikian, dapat tumbuh menjadi warga negara yang cerdas dan kreatif. Anak yang cerdas dan kreatif mampu meng -hargai keragaman budaya, suku bangsa, dan tidak menonjolkan sikap kedaerahan. Selain itu, ia selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomu nikasi dengan orang lain. Persatuan dan kesatuan dapat ter-capai jika setiap orang mampu menghargai keragaman suku bangsa, adat, budaya, dan agama.

Kamis, 02 Mei 2013

Cerpen


MATERI BAHASA INDONESIA "PERSAHABATAN" KELAS 4 SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI 
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana dalam sebuah cerpen
KOMPETENSI DASAR
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai isi cerpen
Mengidentifikasi Tokoh, Watak. Latar, dan Amanat dari Cerita Anak Cerpen atau cerita pendek adalah karangan yang melukiskan kehidupan seseorang secara umum atau inti cerita saja. Di dalam cerpen hanya dilukiskan kehidupan seseorang secara sepenggal saja, misalnya cerpen tentang cerita anak yang naik kelas, pergi ke kebun binatang atau pergi ke pantai.
Ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut.
a. Ceritanya pendek sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk membacanya.
b. Hanya ada satu pokok cerita sehingga pembaca tidak bingung.
c. Tidak ada perubahan nasib tokoh. Artinya, jika menceritakan masa kecil maka saat
dewasa tidak diceritakan.
d. Cerita disajikan dari perkenalan tokoh lalu adanya masalah, kemudian penyelesaian
masalah.
Setiap cerita tentu mempunyai unsur-unsur pendukungnya. Unsur-unsur pendukung
cerita antara lain:
1) tokoh, yaitu pelaku cerita. Pelaku cerita bisa manusia atau binatang.
2) watak, yaitu kepribadian tokoh.
3) latar, yaitu tempat terjadinya cerita.
4) amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca.
Ayo, sekarang dengarkan cerpen yang akan dibacakan gurumu berikut ini.
Kasus Caca Coco
Sahabatku Caca paling doyan makan cokelat. Setiap hari entah berapa bungkus cokelat habis dilahapnya. Caca bahkan telah bergurau bahwa darahnya telah berlumeran cokelat sehingga warnanya bukan merah lagi. Ah, ada-ada saja, ya. Isi tas Caca pasti selalu ada cokelat. Caca pun masih menyelipkan beberapa cokelatnya di saku supaya ia bisa ngemil di mana-mana. Jadi, ya wajar bila teman-teman menjulukinya si Caca Coco. Tapi, tidak semua teman bisa mencicipi lezatnya cokelat Caca. Ia selalu pilih-pilih dan hanya memberi teman dekatnya saja, misalnya aku. Nah, sudah hampir dua minggu lebih kuperhatikan Caca sering kebingungan. Ia sering tampak kesal dan bersikap ketus. Suatu hari seusai sekolah aku sedang memergokinya sedang sibuk memeriksa tiap laci di meja kelas. “Heh, kamu lagi cari apa, Ca?” tegurku penasaran. Kelas sudah kosong yang ada hanya kami berdua. ”Aku cari bungkus cokelat atau apalah sisa-sisanya ....” jawab Caca dengan wajah kesal. ”Aku yakin ada pencuri di kelas ini! Cokelat-cokelatku sering hilang dari dalam tas.” “Yang betul, Ca? Mungkin kau lupa sudah memberinya ke teman. Atau malah sudah kaumakan sendiri.” Kataku tak percaya. Caca mendesah lelah. Ia duduk dengan wajah muram. “Tak mungkin, May. Aku tahu persis berapa jumlah cokelat yang kubawa setiap hari. Belakangan ini, setiap pulang sekolah, cokelat-cokelatku sering berkurang jumlahnya. Hari ini saja sekantong cokelatku juga hilang. Aku jadi gemas ingin tahu siapa pelakunya.” Jelas Caca. Caca lalu menceritakan awal peristiwa pencurian pertama. Saat itu, ia membawa sekantong cokelat asli dari Belgia. Aku ingat, saat itu ikut mencicipi cokelat kiriman Om Caca itu. Caca sama sekali tidak menawarkan pada teman yang lain. Saat itu, kulihat ada beberapa pasang mata yang memandang ke arah kami dengan rasa ingin. Sekantong cokelat itu pun hilang entah ke mana. Kemudian disusul dengan hilangnya sejumlah cokelat lainnya. Aku pun berpikir keras mencari cara menjebak pelaku pencurian itu. Akhirnya, aku menemukan cara yang bagus. Kujelaskan pada Caca. Caca tampak bersemangat. Maka, kami berdua sibuk menyiapkan jebakan tersebut. Hari berikutnya, Caca sengaja menggembar-gemborkan bahwa ia telah membeli
cokelat-cokelat yang istimewa dari mini market Miaw. Mini market itu terletak tidak jauh dari sekolah. Dengan gayanya yang sedikit heboh, aku yakin seisi kelas tahu Caca Coco telah membeli cokelat di mini market itu. “May, cokelat itu hilang. Pencuri itu kembali beraksi.” desis Caca saat kami pulang. “Oke, berarti pengintaian di mulai sore ini.” Kataku mantap. Sore itu kami berdua menunggu di dekat mini market Miaw. Aku dan Caca memesan minuman di salah satu kedai sambil berpura-pura membaca majalah. Mata kami awas memperhatikan mini market itu. Tempat itu cukup strategis karena bisa melihat jelas ke dalam mini market. “Bagaimana kalau pencuri itu tahu ini cuma jebakan, May?” Caca ragu. “Ya, kita kan masih punya waktu seminggu lagi, Ca. Tenang dan Sabarlah. Aku yakin pencuri itu akan muncul,” kataku meyakinkan. Benar saja, dari ujung jalan tampak seorang anak perempuan yang kami kenal. Ia berjalan santai, tangan kanannya menggenggam dompet. Iin! Aku dan Caca ternganga. Kami sama sekali tidak menduga. Iin itu pendiam dan tidak banyak tingkah. Orangnya juga sederhana dan lugu. Iin masuk ke dalam mini market dan langsung menuju ke kasir. Ia tampak mengeluarkan sehelai kertas yang aku tahu itu adalah bungkus cokelat batang Caca. Ia kemudian berbicara, sambil menunjukkan bungkus cokelat itu kepada penjaga kasir. Dari mimik wajahnya, jelas kasir itu sangat keheranan. Kasir itu menggeleng-gelengkan kepala. Iin tampak ngotot sehingga kasir melambaikan tangan kepada rekannya yang lain. Dua orang penjaga toko datang menghampiri. Mereka bergantian memeriksa bungkus cokelat itu dengan seksama. Lalu, salah seorang pelayan tampak membentak Iin seraya membuang bungkus cokelat itu. Kupikir mereka menuduh Iin sebagai penipu. Aku sedikit cemas, bagaimana kalau mereka melapor kepada polisi? “Duh, May, galak amat, sih, si Bapak kumis itu.” gumam Caca tegang. Syukurlah, petugas itu kemudian meninggalkannya. Iin pun memungut kertas bungkus itu lalu bergegas keluar. Jelas, ia amat terpukul. Matanya berkaca-kaca menahan tangis. Ia berjalan sambil memandangi bungkus tadi. Pasti tulisan inilah yang dibacanya pada bagian dalam bungkus cokelat itu: Berhadiah langsung tanpa diundi Rp. 100.000,00. Tukarkan segera di tempat pembelian pada pukul 16.00 s/d 17.00. Promo ini berlaku hingga 11 Maret 2007. Aku meminta Omku yang bekerja di percetakan untuk mencetak label itu. Hasil cetakannya sangat meyakinkan. Buktinya, Iin terkecoh. ”Ayo, Ca, kita tangkap basah pelakunya sebelum jauh.” ajakku. Tapi, Caca malah menggeleng lemah. ”Nggak, May. Aku pikir ini tidak perlu diteruskan. Apapun alasan Iin mencuri cokelat-cokelatku, aku maafkan, deh. Sekarang, pasti dia merasa malu, takut, dan sedih. Aku nggak tega,” kata Caca pelan. ”Lagipula,” ia melanjutkan, “selama ini aku belum pernah menawari Iin sebatang cokelat pun. Mungkin dia jadi penasaran...” Ah, alasan apapun hanya Iin yang tahu. Aku yakin, cepat atau lambat, Iin akan menyadari tipuan ini. Sementara, tampaknya Caca mulai sadar akan sifatnya yang pelit. Semoga saja semua akan berakhir dengan baik. Sumber: Bobo, edisi 13 September 2007 hal. 6-7 (dengan pengubahan seperlunya)

Mari Berlatih
Ayo, jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerpen tersebut?
2. Sebutkan pula watak setiap tokoh dalam cepen tersebut!
3. Tentukan latar dalam cerpen tersebut!
4. Apa tema cerpen tersebut!
5. Amanat apa yang bisa kamu ambil dari cerpen tersebut?
Aku Pasti Bisa
Ayo, tulis kembali cerpen di atas dengan kata-katamu sendiri. Tulislah dengan kalimat yang mudah dipahami. Kemudian ceritakan kembali di depan kelas secara bergiliran.
Kamu Pasti Bisa
Ayo, buat kelompok dengan teman sebangkumu. Carilah sebuah cerpen di majalah anak, kemudian catatlah unsur-unsur dalam cerpen tersebut. Salah satu teman dalam kelompokmu membacakan hasil pekerjaan kelompokmu. Kumpulkan sebagai tugas kelompok.

It is My Blog...



IPA MATERI KELAS 5 SD SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI 
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
KOMPETENSI DASAR 
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dan gangguan alat pernapasannya.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen (O2) dari udara bebas dan pengeluaran karbondioksida (CO2)serta uap air (H2O). Oksigen merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Pada proses ini dihasilkan sejumlah energi yang nantinya digunakan untuk melakukan aktivitas kehidupan.
1. Alat Pernapasan pada Manusia
Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorok, tenggorok (trakea), dan paru-paru. Proses pernapasan pada manusia berawal dari masuknya udara bebas ke dalam hidung. Di dalam hidung, udara mengalami penyaringan sehingga debu atau kotoran yang berasal dari udara tidak dapat masuk. Penyaringan ini dilakukan oleh rambut hidung dan selaput lendir. Selain mengalami proses penyaringan, udara yang masuk ke dalam hidung juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan.

Sumber:www.bima.ipb.ac
Gambar 1.1Alat pernapasan pada manusia
Dari rongga hidung, udara masuk ke tenggorok. Tenggorok atau trakea memiliki fungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan. Tenggorok bercabang dua, satu menuju paru-paru kanan dan yang lain menuju paru-paru kiri. Cabang tenggorok ini disebut bronkus. Di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi yang disebut bronkiolus. Pada ujung bronkiolus terdapata lveolus yang merupakan gelembung-gelembung halus berisi udara. Udara masuk ke paru-paru karena dua hal. Pertama karena kontraksi otot antartulang rusuk, sehingga tulang rusuk terangkat. Kedua karena kontraksiotot sekat rongga dada (diafragma), sehingga diafragma mendatar. Terangkatnya tulang rusuk dan mendatarnya diafragma mengakibatkan rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada diikuti mengembangnya paru-parusehingga udara masuk ke paru-paru. Perhatikan Gambar 1.2 berikut!

Sumber:Microsoft Students 2006
Gambar 1.2Cara pemasukan udara ke dalam paru-paru
Udara keluar dari paru-paru juga karena dua hal. Pertama, karena mengendurnya otot antartulang rusuk, sehingga tulang rusuk turun. Kedua karena mengendurnya otot diafragma sehingga diafragma melengkung. Turunnya tulang rusuk dan melengkungnya diafragma mengakibatkan rongga dada mengecil. Mengecilnya rongga dada diikuti mengempisnya paru-paru, sehingga udara keluar dari paru-paru. Perhatikan Gambar 1.3 berikut!

Sumber:Microsoft Students 2006
Gambar 1.3Cara pengeluaran udara dari paru-paru
Masuk dan keluarnya udara pernapasan yang disebabkan oleh naik dan turunnya tulang rusuk disebut pernapasan dada. Sedangkan masuk dan keluarnya udara pernapasan karena mendatar dan melengkungnya diafragma disebut pernapasan perut.
2. Alat Pernapasan pada Hewan
Seperti halnya pada manusia, hewan juga memiliki alat pernapasan, ada beberapa jenis alat pernapasan pada hewan yang tentunya berbeda satu dan lainnya. Kucing, sapi, dan kerbau bernapas dengan paru-paru sedangkan sebagian besar jenis ikan bernapas dengan insang. Lain halnya dengan serangga yang bernapas dengan trakea. Tahukah kamu dengan apa cacing tanah bernapas?
a. Ikan
Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Alat pernapasan ikan ini terdapat di sebalah kanan dan kiri kepalanya serta dilindungi oleh tutup insang. Insang terdiri dari rigi-rigi insang, lengkung insang, dan lembar insang. Kotoran-kotoran yang masuk bersama air akan disaring oleh rigi-rigi insang. Lembar insang berwarna merah dan berbentuk seperti sisir. Warna merahnya ini diakibatkan karena lembar insang banyak mengandung pembuluh darah.

Sumber:Microsoft Students 2006
Gambar 1.4Alat pernapasan ikan
Ketika ikan bernapas di dalam air, mulutnya terbuka dan air masuk kedalam rongga mulutnya. Pada saat yang bersamaan selaput tutup insang tertutup sehingga tekanan di dalam mulut ikan menjadi rendah dan air akan masuk. Pada lembar insang terjadi pertukaran oksigen yang terlarut dalam air dan karbondioksida dari dalam tubuh ikan. Oksigen yang terkandung di dalam air akan diikat oleh kapiler darah. Pada saat mulut ikan tertutup, celah tutup insang terbuka lebar dan air yang mengandung karbondioksida akan dipompa keluar.
b. Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru, pernapasan pada burung juga dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udara ini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat terbang. Pada saat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi tersebut. Pada saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan cara menghirup udara melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundi udara. Pada paru-paru inilah terjadi pengikatan oksigen dan pelepasan karbon dioksida serta uap air. Pada saat terbang, burung bernapas dengan cara mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara melalui gerakan sayapnya. Gerakan kedua sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan mengempis sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru.

Sumber:Microsoft Students 2006
Gambar 1.5Alat pernapasan burung
c. Serangga
Untuk melakukan proses pernapasan, serangga menggunakan trakea sebagai alat pernapasanyan. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halus yang bercabang-cabang dan tersebar ke seluruh tubuh. Pada ujung pembuluh ini terdapat lubang-lubang pernapasan yang disebut stigma. Stigma terletak di sepanjang kedua sisi tubuh serangga dan berfungsi sebagai jalan keluar dan masuknya udara. Jadi, pada serangga pernapasan dimulai dengan masuknya udara melalui stigma, kemudian udara tersebut dialirkan
ke seluruh tubuh oleh trakea.

Gambar 1.6Alat pernapasan pada serangga
d. Cacing
Cacing yang merupakan hewan yang tidak memiliki alat pernapasan khusus seperti halnya pada hewan lainnya. Cacing bernapas dengan permukaan kulitnya. Udara yang berada di sekitar cacing, yaitu berupa oksigen akan masuk ke dalam tubuh cacing melalui permukaan kulitnya yang lembap. Kulit yang lembap ini selain mempermudah masuknya oksigen ke dalam tubuh, juga memudahkan keluarnya karbon dioksida yang merupakan zat sisa pernapasan.

Sumber:Ensiklopedi Iptek
Gambar 1.7Alat pernapasan pada cacing tanah
Gangguan Pada Alat Pernapasan Manusia
a. Pencemaran udara
Udara yang kita hirup pada saat bernapas tidak selamanya bersih. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan udara yang ada disekitar kita menjadi tidak bersih adalah pencemaran udara. Pencemaran udara ini dapat diakibatkan oleh debu, asap, dan bau tak sedap.

Gambar 1.8Asap dapat menyebabkan gangguan pernapasan
Debu bentuknya halus dan biasanya berasal dari tanah kering dan serpihan kayu. Pada musim kemarau jumlah debu akan bertambah banyak. Apabila terhirup oleh kita, debu dapat menimbukan gangguan pernapasan, seperti sesak napas. Asap dapat mencemari udara yang ada disekitarnya. Pencemar udara ini biasanya berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, ataupun asap rokok. Udara juga dapat tercemar karena bau tak sedap yang ditimbulkan oleh tumpukan sampah, limbah industri, ataupun kotoran hewan. Bagaimana caranya agar udara tidak tercemar?
b. Penyakit dan gangguan yang menyerang alat pernapasan
Alat pernapasan manusia dapat mengalami gangguan yang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain, karena perilaku hidup tidak sehat dan lingkungan yang tidak bersih. Perilaku hidup tidak sehat yang mengganggu alat pernapasan contohnya merokok. Sedangkan lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan gangguan dan penyakit, antara lain, influenza, asma, dan Tuberculosis (TBC).
1) Merokok
Rokok banyak mengandung zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok dan asap rokok. Rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Mereka tidak merokok tetapi menghirup asap rokok. Orang seperti itu disebut perokok pasif. Perokok pasif berisiko sama dengan perokok aktif, misalnya sakit mata,
sakit kepala, dan kanker paru-paru. Gangguan paling ringan yangdisebabkan oleh asap rokok adalah batuk dan sesak napas. Untuk itu bagi perokok sebaiknya mencari tempat terbuka atau di tempat khusus untuk merokok. Sedangkan bagi yang bukan perokok berusaha tidak berada dalam satu ruang dengan orang yang sedang merokok.
2) Influenza
Influenza adalah peradangan pada selaput rongga hidung yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Penyakit ini sangat mudah menular melalui udara. Tubuh kita akan sangat mudah terserang influenza bila dalam kondisi lemah atau kekurangan vitamin. Maka untuk mencegahnya kita harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan cara memakan makanan yang bergizi. Selain itu, bila kalian sedang flu, jangan membuang ingus di sembarang tempat, agar tidak menularkan bibit penyakit influenza.
3) Asma
Asma merupakan gangguan proses pernapasan karena adanya penyempitan saluran pernapasan. Penyebabnya adalah alergi. Bahan yang dapat menyebabkan alergi antara lain rambut atau bulu hewan, debu, asap, dan udara dingin. Agar tidak kambuh penyakit asmanya, penderita harus menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan penyakit tersebut kambuh. Penyakit ini tidak menular.
4) TBC (Tuberkulosis)
TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penderita TBC, paru-parunya
terdapat bintil-bintil kecil pada dinding alveolusnya sehingga mengganggu proses penyerapan oksigen. Penyakit ini dapat menular melalui benda-benda yang diguna-kan bersama, seperti sendok, gelas, dan sikat gigi. Untuk menghindari penularan TBC, sebaiknya penderita menggunakan peralatan makan dan sikat gigi tersendiri. Memelihara kesehatan alat pernapasan Agar alat pernapasan kita dapat bekerja dengan baik pada saat bernapas maka kita perlu menjaga dan memeliharanya dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat pernapasan akibat penyakit ataupun udara yang tercemar. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa contohnya.
1) Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan yang ada disekitar kita harus senantiasa bersih, sehingga tidak ada debu yang beterbangan. Selain itu, agar udara di rumah kita tetap bersih maka di rumah harus tersedia lubang udara atau ventilasi yang cukup.
2) Makan makanan bergizi
Selain kebersihan lingkungan, makan makanan bergizi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar alat pernapasan kita terpelihara dengan baik. Hal ini disebabkan karena dengan makan makanan bergizi maka daya tahan tubuh kita akan meningkat.
3) Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur dapat melancarkan pernapasan, sehingga alat-alat pernapasan pun dapat bekerja dengan baik. Berenang, lari pagi, dan senam merupakan beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan pada manusia. Apakah jenis olahraga kesukaanmu?

Sumber:www.djpbn.jateng.go.tif
Gambar 1.10Olahraga dapat melancarkan fungsi alat pernapasan
Mengadakan penghijauan Agar udara yang kita hirup pada saat bernapas merupakan udara yang bersih dan segar maka perlu dilakukan penghijauan di sekitar rumah, sekolah, dan tepi jalan. Hal ini dapat mengurangi udara kotor yang diakibatkan oleh asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain.